Rabu, 03 April 2013

tulisan

PENULISAN ILMIAH

Penulisan ilmiah adalah suatu tulisan yang membahas ataupun mengembangkan suatu masalah. Penulisan ilmiah juga merupakan uraian atau laporan tentang kegiatan, temuan atau informasi yang berasal dari data primer dan / atau sekunder, serta disajikan untuk tujuan dan sasaran tertentu. Informasi yang berasal dari data primer yaitu didapatkan dan dikumpulkan langsung dan belum diolah dari sumbernya seperti tes, kuisioner, wawancara, pengamatan / observasi. Informasi tersebut dapat juga berasal dari data sekunder yaitu telah dikumpulkan dan diolah oleh orang lain, seperti melalui dokumen (laporan), hasil penalitian, jurnal, majalah maupun buku. 

Teknik Penulisan ilmiah 
teknik penulisan ilmiah pada dasarnya terdiri dari IV BAB yaitu:
  • pada BAB I, yang berisi tentang Pendahuluan dalam bab ini memiliki beberapa sub bab yang antara lain adalah, Latarbelakang Masalah, Rumusan Masalah (jika ada), Batasan Masalah, Tujuan Penulisan, Metode Penulisan dan Sistematika Penulisan.
  • kemudian lanjut ke BAB II, yang berisi tentang Landasan Teori, Landasan Teori disini juga memiliki sub bab yang diantaranya adalah, Pengenalan Teori dan Sejarah Materi.
  • BAB III, pada BAB ini berisi tentang Pembahasan dan Implementasi, bab ini juga memiliki sub bab, sub bab ini berisi tentang karya ilmiah yang kan di bahas atau di kembangkan.
  • BAB IV, Penutup, bab penutup biasanya berisi tentang kesimpulan dari isi penulisan, saran serta daftar pustaka.

Karya ilmiah merupakan karya tulis yang menyajikan gagasan, deskripsi atau pemecahan masalah secara sistematis, disajikan secara objektif dan jujur, dengan menggunakan bahasa baku, serta didukung oleh fakta, teori, dan atau bukti-bukti empirik. 

Tujuan penulisan karya ilmiah, antara lain untuk menyampaikan gagasan, memenuhi tugas dalam studi, untuk mendiskusikan gagasan dalam suatu pertemuan, mengikuti perlombaan, serta untuk menyebarluaskan ilmu pengetahuan/hasil penelitian. 

Karya ilmiah dapat berfungsi sebagai rujukan, untuk meningkatkan wawasan, serta menyebarluaskan ilmu pengetahuan. Bagi penulis, menulis karya ilmiah bermanfaat untuk meningkatkan keterampilan membaca dan menulis, berlatih mengintegrasikan berbagai gagasan dan menyajikannya secara sistematis, memperluas wawasan, serta memberi kepuasan intelektual, di samping menyumbang terhadap perluasan cakrawala ilmu pengetahuan. 

Karya ilmiah populer adalah karya ilmiah yang disajikan dengan gaya bahasa yang populer atau santai sehingga mudah dipahami oleh masyarakat dan menarik untuk dibaca.

Macam-Macam karya ilmiah
- Artikel Ilmiah Populer
- Artikel Ilmiah
- Disertasi
- Tesis
- Skripsi
- Kertas Kerja
- Makalah

Ciri-ciri Karya Ilmiah
- Penggunaan Bahasa dalam tulisan menggunakan Bahasa Baku
- bersifat Objektif, tidak menggunakan kata ganti orang pertama dan kedua.


referensi :
http://yusrizaltigaraksa.blogspot.com/ 
http://girlycious09.wordpress.com/tag/macam-macam-karya-ilmiah/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar