Kamis, 25 April 2013

KULINER

11  MAKANAN TRADISIONAL WAJIB DI COBA

1. BUBUR AYAM 
adalah salah satu jenis bubur yang terbuat dari nasi, namun diberi irisan kecil daging ayam sebagai pelengkapnya. Selain itu, ada juga orang yang menambahkan potongan kecil hati ayam, jeroan ayam, dan lain-lain


2. TEMPE PENYET SURABAYA
adalah makanan khas Indonesia dari daerah jawa timur. Makanan ini dibuat dari tempe yang direndam di air kaldu dengan bumbu garam dan ketumbar. Tempe tersebut kemudian digoreng dan setelah masak disajikan dengan sambal. Nama penyet berasal dari bahasa jawa yang artinya "lumat". Ini merujuk pada tempe ini yang ditindih dan dilumatkan sedikit bersama sambal sebelum dihidangkan


3. AYAM GORENG
adalah hidangan yang dibuat dari daging ayam yang digoreng dalam minyak goreng panas. Beberapa rumah makan siap saji mengkhususkan diri menghidangkan ayam goreng, Sementara itu beberapa rumah makan di Indonesia juga menghidangkan ayam goreng tradisional Indonesia seperti ayam goreng suharti dan mbok berek.


4. OSENG-OSENG KANGKUNG
masakan sederhana yang terbuat dari kankung tetapi rasanya sangat cocok dengan lidah orang indonesia, masakan ini biasanya di buat dengan bumbu ala kadarnya seperti irisan cabe, bawang merah dan bawang putih.


5. IKAN ASAP SAYUR LODEH
masakan ini campuran antara ikan asap dan sayur lodeh, ikan yang digunakan tergantung selera, dan kemudian ikan di campur ke dalam sayur lodeh yang hampir matang.


6. NASI GORENG TELOR SETENGAH MATANG
adalah sebuah makanan berupa nasi yang digoreng dan diaduk dalam minyak goreng atau margarin, biasanya ditambah kecap manis, bawang merah, bawang putih, dan bumbu-bumbu lainnya, seperti telur, ayam, dan kerupuk. Ada pula nasi goreng jenis lain yang dibuat bersama ikan asin yang juga populer di seluruh Indonesia.


7. SATE AYAM BUMBU KUNING
adalah makanan khas Indonesia. Sate Ayam dibuat dari daging ayam. Pada umumnya sate ayam dimasak dengan cara dipanggang dengan menggunakan arang. Dan disajikan dengan pilihan bumbu kacang atau bumbu kecap.Sate ini biasanya disajikan bersama dengan lontong atau nasi.


8. SAYUR ASEM BETAWI 
adalah masakan sejenis sayur yang khas indonesia. Ada banyak variasi lokal sayur asam seperti sayur asam Jakarta (variasi dari orang betawi di jakarta), sayur asam kangkung (variasi yang menggunakan kangkung), dan sayur asam ikan asin.
Bahan-bahan yang sering digunakan adalah kacang tanah, nangka muda, melinjo, belimbing sayur, labu siam, kacang panjang, dan asam jawa. Sering juga digunakan jagung dan kacang tanah dalam masakan ini.



 9. SAYUR SOP AYAM


 10. TERONG PEDAS
terong adalah menu sederhana yang hampir setiap hari disajikan di meja makan. Namun, di Eropa dan Amerika, terong adalah sayur yang naik kelas dan disajikan dengan teknik grilled. di indonesia terong menjadi masakan tradisional yang dimasak dengan penyetan sambel menjadi menu yang menggiurkan dan bikin lapa.


11. NASI KUNING (TUMPENG)
adalah makanan khas Indonesia. Makanan ini terbuat dari beras yang dimasak bersama dengan kunyit serta santan dan rempah-rempah. Dengan ditambahkannya bumbu-bumbu dan santan, nasi kuning memiliki rasa yang lebih gurih daripada nasi putih. Nasi kuning adalah salah satu variasi dari nasi putih yang sering digunakan sebagai tumpeng. Nasi kuning biasa disajikan dengan bermacam lauk-pauk khas Indonesia.



referensi : http://id.wikipedia.org/wiki/
http://www.vemale.com/kuliner/resep-makanan/15787-penyet-sambal-terong-double-pedasnya.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar